Metode Relaksasi Hypnobirthing

09 December 2013 ,Dibaca: 2 kali

Melahirkan Alami Tanpa Rasa Sakit ( Metode Relaksasi Hypnobirthing)

Hypnobirthing merupakan suatu metode yang dikhususkan untuk wanita hamil dengan melakukan relaksasi mendalam, bertujuan untuk mempersiapkan proses kelahiran normal yang lancar,nyaman dengan rasa sakit yang minimum, karena mampu memicu hormon endorphin yang merupakan hormon penghilang sakit alami tubuh.

Berlatih hypnobirthing seperti halnya belajar naik sepeda. Semakin sering dilakukan, maka semakin mahirlah dalam memasukkan program ke alam bawah sadar, sehingga saat proses persalinan berlangsung, ibu tetap tenang dan proses berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, latihan hypnobirthing paling bagus jika dilakukan sejak awal kehamilan. Namun tidak ada kata terlambat karena begitu dasar hypnotherapy sudah dikuasai, maka kita dapat menerapkan untuk semua aspek kehidupan.

 Apa itu Hypnobirthing ? Hypnobirthing terdiri dari kata hypno ( dari  hypnosis ) dan birthing yang berarti melahirkan. Jika diterjemahkan secara langsung, arti dari Hypnobirthing adalah proses melahirkan dengan hipnosis. Tetapi ini bukan berarti sang ibu jadi tak sadarkan diri, sebaliknya si ibu sepenuhnya sadar dan menikmati proses kelahiran si buah hati.

Hypnosis adalah seni komunikasi dan sugesti yang dapat mempengaruhi alam bawah sadar orang secara efektif. Hipnosis hanya dapat dilakukan jika orang berada dalam kondisi rileks yang dalam sehingga komunikasi sugesti dapat dilakukan terhadap alam bawah sadar kita.

Hynobirthing lebih mengacu pada hypnotherapy. Hipnoterapi adalah latihan penanaman sugesti pada alam bawah sadar ibu, untuk mendukung alam sadar yang mengendalikan tindakan sang ibu dalam menjalani proses persalinan. Hipnoterapi dilakukan dengan melakukan kontak langsung dengan alam bawah sadar kita. Begitu kita mencapai kondisi rileks yang mendalam dan stabil, kita akan mampu menanamkan satu program atau konsep baru yang secara otomatis akan mempengaruhi kehidupan dan tindakan kita sehari-hari. Proses hipnosis atau hipnoterapi mampu membuka mind atau pikiran yang paling dalam, untuk kemudian menanamkan konsep-konsep baru di dalamnya.

Hypnobirthing dapat membantu ibu merasa lebih tenang menghadapi persalinan. Penanaman konsep dan paham pada alam bawah sadar ibu akan sangat membantu kelancaran proses kelahiran. Ibu yang tidak mampu melakukan apa pun secara sadar dapat membiarkan alam bawah sadar bekerja untuk menenangkan dan membantunya menjalani persalinan, kecuali tahap mengejan yang memang harus dilakukan secara sadar.

Hypnobirthing terdiri dari berbagai macam teknik relaksasi yang dapat digunakan oleh para ibu saat bersalin. Teknik relaksasi ini sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan emosi selama persalinan, tanpa perlu menggunakan obat bius. Hypnobirthing merupakan prakstik hipnosis terhadap diri sendiri / self hypnosis yang kemudian digunakan dalam proses melahirkan. Pada dasarnya hypnobirthing adalah penerapan hipnosis pada proses persalinan untuk menanggulangi rasa sakit tanpa melibatkan obat-obatan.

Beberapa hal yang dipelajari dalam hypnobirthing :
  • Teknik relaksasi dan hipnosis diri sendiri untuk menghilangkan stres dan rasa takut yang mengiringi proses persalinan dan digantikan dengan rasa damai, tenang dan percaya dir
  • Teknik lain untuk memperlancar proses persalinan
  • Perlu ikatan kuat dari pasangan
  • Cara berkonsentrasi agar dapat terfokus pada tujuan Hypnobirthing
  • Berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan
Manfaat hypnobirthing :
  • Meminimalkan dan bahkan menghilangkan rasa takut, panik, tegang dan sindrom rasa sakit selama proses persalinan dan setelah persalinan
  • Meminimalkan bahkan menghilangkan keinginan untuk menggungakan obat bius dan obat penghilang rasa sakit saat bersalin
  • Mempersingkat fase awal proses persalinan / fase pembukaan yang biasanya bisa memakan waktu 10-24 jam
  • Menghilangkan keletihan sehingga ibu tetap bertenaga setelah proses persalinan
  • Mengurangi resiko hiperventilasi saat persalinan berlangsung. Hiperventilasi adalah pernapasan yang cepat dan pendek karena menahan sakit
  • Mempercepat masa pemulihan setelah persalinan
  • Membuat proses persalinan alami tanpa obat-obatan medis
  • Mempererat ikatan batin ibu terhadap bayi dan suami

    Pada beberapa penelitian di negara Barat membuktikan, ibu hamil yang mengikuti latihan mengalami lebih sedikit komplikasi dibandingkan dengan yang tidak terbiasa melakukan relaksasi secara teratur. Adanya rasa nyeri yang berlebihan lebih disebabkan adanya rekaman di alam bawah sadarnya.
    “Bayangkan saja, semua orang selalu mengatakan bahwa melahirkan itu sakit sekali,” ujar wanita lulusan pendidikan kebidanan RS St. Carolus Jakarta ini. Katanya lagi, kontraksi otot pada saat persalinan adalah sebagai upaya membantu terbukanya jalan lahir. Karena kontraksi itu, leher rahim akan menjadi lunak, menipis, dan mendatar, kemudian menarik leher rahim. Saat itulah kepala janin menekan mulut rahim sehingga membuka.
    Bila si ibu sudah terbiasa relaksasi, jalan lahir akan lebih mudah terbuka. Keuntungan lain dari teknik ini adalah mencegah kelelahan yang berlebihan saat persalinan.
    Program Positif
    Hypnobirthing adalah relaksasi dengan penambahan sugesti melalui usapan. Tangan menjadi sarana untuk mengusap daerah bawah payudara hingga perut. Sebenarnya cara ini telah dilakukan secara natural oleh ibu-ibu hamil saat janinnya meronta dalam kandungan. Ketika itu ibu akan mengusap perut sambil membisikkan kata-kata lembut yang menenangkan.
    Untuk mengikuti program yang diajarkan Lanny, ada empat langkah yang harus dijalankan. Pertama, kepala dimiringkan di atas bahu kanan kemudian diputar sampai di atas bahu kiri, kembali ke bahu kanan sampai delapan kali hitungan. Setelah itu jari kanan di atas bahu diputar ke belakang sebanyak delapan kali. Lalu tangan tetap di atas bahu diputar ke depan sebanyak delapan kali pula.
    Langkah kedua adalah relaksasi otot. Berbaring santai, lengan di samping kanan dan kiri, telapak kanan menghadap ke atas. Lalu tegangkan telapak kaki hingga merambat ke betis, paha, pinggul, dan dada. Pundak ditarik ke atas dan kedua telapak tangan dikepal kuat-kuat. Dahi dikerutkan, lidah ditarik ke arah langit-langit.
    Langkah ketiga berupa relaksasi pernapasan. Dalam keadaan berbaring, otomatis napas akan terdorong ke arah perut. Tarik napas panjang melewati hidung sambil hitung sampai 10. Kemudian embuskan napas perlahan-lahan lewat mulut, lakukan 10 kali.
    Langkah keempat relaksasi pikiran, langkah ini diwakili oleh indra mata. Setelah mata terpejam sejenak, buka mata perlahan-lahan sambil memandang satu titik tepat di atas mata, makin lama kelopak mata makin rileks, berkedip, dan hitungan kelima mata akan menutup.
    Pada saat ketiga unsur jiwa (perasaan, kemauan, dan pikiran) dan raga istirahat, masukkan program positif yang akan terekam dalam alam bawah sadar. Contoh program positif, “Saya dan janin di dalam kandungan akan tumbuh sehat. Dan saat persalinan akan menghadapinya dengan tenang.”
    Program latihan itu berlangsung hingga empat kali pertemuan. Pada pertemuan terakhir, Anda bisa men-scanning jenis kelamin anak. Caranya dengan alat pendulum yang bisa terayun sendiri saat relaksasi mencapai puncaknya. Menurut Lanny, bila bandul bergoyang ke atas dan bawah, anak kemungkinan berjenis kelamin laki-laki. Bila bandul bergoyang kiri-kanan, anak yang lahir kemungkinan perempuan. “Langkah-langkah di atas sebaiknya juga dipraktikkan di rumah,”

    Bagaimana apakah anda tertarik untuk melakukan metode hypnobirthing saat melahirakan ??
    SELAMAT MENCOBA ....!!!!

 

 

Sumber : http://seriastutipulungan.blogspot.com/2013/01/melahirkan-alami-tanpa-rasa-sakit.html